Tahapan Cetak Kaos Jogja dari Pemilihan Bahan Sampai Pengiriman ke Konsumen

cetak kaos jogja, print kaos jogja

Kebutuhan akan kaos saat ini memang semakin meningkat. Tidak mengherankan jika tempat print kaos Jogja semakin meningkat juga jumlahnya. Bahkan ada yang berani menawarkan harga produksi terjangkau untuk menarik lebih banyak konsumen. Kaos-kaos ini pun tidak hanya digunakan untuk jualan saja.

Tetapi juga banyak digunakan untuk kebutuhan lainnya seperti media promosi, seragam komunitas, atau souvenir. Konsumen yang melakukan pemesanan kaos tentunya harus membuat pertimbangan-pertimbangan lebih dulu agar hasilnya sesuai kebutuhan. Mulai dari pemilihan bahan, jumlah pesanan, akan digunakan untuk apa, dan lainnya.

8 Langkah Membuat Kaos yang Berkualitas

Sebelum melakukan pemesanan kaos, sebaiknya ketahui lebih dahulu proses pembuatannya dari awal sampai akhir. Dengan begitu nantinya bisa memahami dengan baik bagaimana mendapatkan hasil produksi memuaskan.

1. Memilih Bahan Kain

Hal pertama yang dilakukan oleh tempat produksi adalah memilih bahan kain untuk cetak kaos Jogja sesuai permintaan konsumen. Perlu diketahui, meskipun ada banyak jenis bahan kain yang disediakan oleh tempat produksi untuk cetak kaos. Namun pemilihan bahan kain untuk membuat kaos tetap diserahkan kepada konsumen.

Ini dimaksudkan agar hasil akhirnya sesuai dengan permintaan konsumen. Untuk membuat kaos sendiri ada berbagai jenis bahan kain, mulai dari harga murah sampai mahal. Di antaranya ada cotton combed, cotton carded, hyget, polyester, rayon, dan masih banyak lainnya. Jika memilih jenis bahan kain berkualitas, maka hasilnya pun akan baik.

2. Membuat Desain

Jika pemilihan jenis bahan kain sudah tepat, maka lanjut dengan pembuatan desain. Biasanya konsumen yang akan print kaos Jogja sudah memiliki desain sendiri, sehingga tinggal diserahkan ke customer service. Namun beda hal jika konsumen tersebut tidak mempunyai desain sendiri karena kurang bisa membuatnya.

Bagi konsumen yang belum memiliki desain, maka bisa meminta customer service untuk membantu. Dengan begitu nantinya akan disampaikan ke pihak jasa desain tempat produksi agar dibuatkan desainnya. Usahakan konsumen memberitahukan dengan tepat apa saja yang harus masuk ke dalam desain tersebut.

3. Membuat Pola

Apabila pemilihan bahan cetak kaos Jogja dan pembuatan desain sudah selesai. Maka selanjutnya adalah membuat pola pada material kain. Dalam pembuatan pola ini tentunya harus dikerjakan oleh SDM yang sudah berpengalaman. Ini dimaksudkan agar hasilnya jadi lebih maksimal dan sesuai dengan kebutuhan.

Perlu diketahui bahwa membuat pola bukan hal mudah untuk dilakukan oleh orang awam. Sebab orang yang memotong haruslah paham dalam menggambar sebuah pola. Meskipun sudah ada patokan, namun tetap saja harus membuat pertimbangan lebih banyak. Apalagi jumlah kaos yang dipesan tidaklah sedikit, salah-salah malah akan membuat konveksi rugi.

4. Memotong Bahan Kain

Setelah pembuatan pola selesai, maka tahap selanjutnya adalah memotong bahan kain. Biasanya pemotongan bahan kain ini menggunakan mesin untuk mempermudah. Sebab banyak tempat produksi yang memotong bahan kain dalam jumlah banyak sekaligus. Dibandingkan dengan memotong satu per satu dan membutuhkan waktu lama.

Memang lebih cepat jika menggunakan mesin potong kain, apalagi mesin ini dapat memotong secara memutar. Saat ini pun lebih banyak tempat produksi yang menggunakan mesin potong ini untuk membantu proses produksi kaos dan pakaian jenis lainnya. Dengan begitu di tahapan ini akan lebih mudah dan cepat tentunya.

5. Mencetak Desain

Selanjutnya adalah print kaos Jogja pada permukaan bahan kain. Untuk mencetak desain bisa menggunakan dua macam, yakni sablon dan bordir. Kebanyakan konsumen lebih suka menggunakan sablon untuk mencetak desain karena memberikan hasil yang lebih nyata dan menarik. Warna-warna yang dihasilkannya pun juga beragam sehingga bisa dipilih sendiri.

Namun ada juga konsumen yang menggunakan bordir, biasanya pada kaos polo atau kaos lainnya untuk kebutuhan seragam. Jika menggunakan sablon, maka harus menunggu sampai hasilnya benar-benar kering baru bisa masuk ke tahap selanjutnya.

6. Menjahit Pola

Selesai mencetak desain, maka langkah selanjutnya dalam cetak kaos Jogja adalah menjahit pola. Dalam proses menjahit ini dibutuhkan penjahit yang sudah berpengalaman sehingga nantinya menghasilkan jahitan rapi dan rapat. Dengan begitu kaos yang dipesan tidak akan cepat rusak atau robek.

Proses menjahit kaos ini sendiri tidak hanya menggunakan satu mesin jahit saja. Tetapi juga melewati beberapa proses rangkaian jahitan sampai benar-benar sesuai dengan standar tempat produksi. Oleh sebab itulah hanya SDM yang benar-benar berpengalaman saja yang dapat menjahitnya.

7. Mengecek Produk

Proses menjahit sudah selesai, maka print kaos Jogja masuk ke tahapan pengecekan produk. Pengecekan produk ini dilakukan untuk menghindarkan konsumen mendapatkan produk cacat atau tidak sesuai dengan permintaan konsumen. Dalam hal ini pihak tempat produksi akan mengecek jahitan, potongan pola dan masih banyak lainnya.

Selain itu juga dihilangkan sisa-sisa jahitan, lalu disetrika dan diberikan pewangi. Dengan begitu konsumen nantinya bisa langsung memakai tanpa perlu mencucinya lebih dulu. Namun jika ingin dicuci lebih dulu maka boleh-boleh saja.

8. Mengemas & Mengirim

Terakhir adalah langkah pengemasan setelah proses cetak kaos Jogja di atas sudah selesai dilakukan. Untuk pengemasan ini biasanya menggunakan plastik ziplock atau lainnya sesuai dengan ketersediaan di tempat produksi. Hal ini dilakukan agar memudahkan ketika dimasukkan ke dalam karung dan dikirimkan.

Apabila proses pelunasan sudah selesai oleh konsumen, maka saatnya pesanan dikirimkan ke konsumen. Namun ada juga konsumen yang datang ke tempat produksi untuk mengambilnya sendiri. Maka dari itulah konveksi menyediakan layanan jemput sendiri atau pengantaran lewat beberapa ekspedisi yang sudah diajak kerja sama.

Mau Buat Kaos Kualitas Terbaik? Amanah Garment Solusinya!

Demikianlah tahapan-tahapan print kaos Jogja yang perlu diketahui dari awal sampai akhir. Dengan mengetahuinya maka tidak akan lagi ragu untuk melakukan pemesanan. Bagi yang ingin memesan kaos maka pilihan tepat jika bekerja sama dengan Amanah Garment dan dapatkan keuntungan-keuntungan berikut ini.

  • Harga Terjangkau. Dari segi harga yang ditawarkan oleh Amanah Garment pun terjangkau, sehingga konsumen tidak perlu mengeluarkan anggaran dalam jumlah besar. Selain itu konsumen akan mendapatkan bonus pesanan untuk quantity order tertentu.
  • Pelayanan Ramah. Konsumen akan mendapatkan pelayanan terbaik dan akan dibantu jelaskan sebaik mungkin. Dengan begitu konsumen akan merasa nyaman selama melakukan konsultasi.
  • Tim Ahli & Profesional. Semua proses produksi pesanan konsumen dikerjakan oleh tim yang sudah ahli dan berpengalaman. Hal ini memungkinkan hasil produksinya benar-benar berkualitas dan sesuai permintaan konsumen.
  • Quality Unit Control. Hasil produksi di Amanah Garment akan dicek terlebih dahulu sebelum dikirimkan ke konsumen. Dimana sisa benang jahit akan dibersihkan, disetrika, diberi pewangi, dan dikemas dengan baik.
  • Cetak Desain. Amanah Garment memberikan pilihan cetak desain menggunakan sablon dan bordir. Dimana proses cetak desain ini hanya menggunakan bahan terbaik dan dikerjakan oleh orang berpengalaman.
  • Bergaransi. Kelebihan lain yang ditawarkan oleh Amanah Garment adalah adanya garansi berupa pengembalian sejumlah uang atau revisi produk. Tentu hal ini akan membuat konsumen jadi lebih nyaman dengan adanya tanggung jawab jika ada produk tidak sesuai keinginan.