Jika diteliti lebih lanjut saat ini konveksi Surabaya sudah semakin banyak sehingga mudah untuk ditemukan. Tempat-tempat seperti ini membuat berbagai macam pakaian dan aksesoris lainnya dalam jumlah tertentu. Umumnya skala produksi yang dimiliki oleh konveksi terbilang menengah, tidak seperti pabrik.
Akan tetapi saat ini sudah banyak konveksi yang mempunyai skala produksi besar, sehingga tidak masalah jika konsumen memesan jumlah banyak. Untuk produk yang umum diproduksi di antaranya ada kaos, kemeja, jaket, topi, tas, dan masih banyak lainnya.
8 Tips Memulai Bisnis Konveksi yang Menguntungkan
Memulai bisnis konveksi Surabaya Barat memang memberikan keuntungan tersendiri dan jumlahnya bisa besar. Namun bukan tanpa pertimbangan jika ingin membangun bisnis satu ini. Sebab bisnis ini membutuhkan banyak hal dan menyita waktu yang tidak sebentar tentunya. Bagi yang ingin memulai bisnis ini, maka bisa memperhatikan beberapa tips berikut.
1. Melakukan Analisa Bisnis
Untuk hal pertama yang dapat dilakukan sebelum membangun bisnis konveksi adalah melakukan analisis terlebih dahulu. Perlu diketahui bahwa semua bisnis yang dibangun oleh orang-orang ini membutuhkan riset dengan waktu cukup panjang. Dimana pemilik bisnis harus mulai mengetahui potensi pasar, apa saja yang dibutuhkan, dan masih banyak lainnya.
Dengan melakukan analisa ini tentunya akan membantu pemilik bisnis dalam menyusun dan membuat strategi pemasaran kedepannya. Oleh sebab itulah tidak mengherankan jika ada pebisnis yang membutuhkan waktu satu tahun penuh hanya untuk melakukan riset saja.
2. Menentukan Jenis Produk
Harus dipahami terlebih dahulu bahwa konveksi Surabaya yang ada dapat membuat beberapa macam produk. Tetapi ada juga yang khusus membuat satu macam produk saja. Oleh sebab itulah akan lebih baik jika bisa membuat pertimbangan ingin memproduksi barang seperti apa.
Apakah ingin memproduksi pakaian contohnya kemeja, jaket, kaos dan lainnya. Atau hanya ingin fokus memproduksi satu macam pakaian saja. Menentukan produk seperti apa yang akan dibuat oleh konveksi akan memudahkan dalam mempromosikan konveksi. Juga membantu memudahkan dalam persaingan bisnis nantinya.
3. Mempersiapkan Modal
Perlu diketahui bahwa hampir semua bisnis pastinya membutuhkan modal, tidak terkecuali ketika membuka bisnis konveksi. Untuk membuka bisnis konveksi Surabaya tidak hanya butuh modal niat saja. Tetapi juga membutuhkan modal uang yang cukup banyak. Ini dikarenakan modal uang ini untuk membeli peralatan mesin jahit, mesin potong dan lainnya.
Oleh sebab itulah modal yang dibutuhkan untuk membangun bisnis ini tidaklah sedikit. Untuk mendapatkan modal yang dibutuhkan untuk bisnis ini bisa dimulai dari meminjam di bank, menabung dan lainnya.
4. Memilih Lokasi Bisnis
Hal selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan memilih lokasi bisnis akan ditempatkan dimana. Seperti diketahui bahwa saat ini sendiri sudah banyak konveksi serupa, oleh sebab itulah pemilihan tempat harus benar-benar tepat dan strategis. Untuk lokasi bisnis ini bisa dengan menyewa tanah dan kemudian di bangun.
Atau juga bisa membeli bangunan yang sudah jadi lalu di renovasi sesuai kebutuhan. Penting sekali untuk menyediakan fasilitas untuk karyawan yang bekerja di tempat tersebut agar tidak kesusahan. Misalnya dengan membangun toilet, tempat ibadah, kantin, dan masih banyak lainnya demi kenyamanan bersama.
5. Mencari Karyawan
Bisnis ini tidak akan berjalan lancar tanpa adanya karyawan, maka dari itu segera buka rekrutmen untuk mendapatkan orang-orang yang berpengalaman. Dalam hal ini penting sekali memilih orang yang sudah berpengalaman dan ahli di bidangnya masing-masing. Sebab dengan begitu tidak perlu diajari lagi dari nol, karena membutuhkan waktu.
Lowongan pekerjaan yang dibuka tentunya harus memenuhi syarat-syarat dari atasan terlebih dahulu. Dengan begitu nantinya akan lebih mudah untuk menyaring mana yang tepat untuk menjadi karyawan dan tidak. Pastikan juga untuk memilih orang yang benar-benar dapat dipercaya.
6. Menyiapkan Strategi Pemasaran
Ketika bisnis konveksi Surabaya Barat sudah berjalan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pemasaran. Ini dilakukan agar lebih banyak konsumen yang datang untuk melakukan pemesanan. Semakin banyak konsumen yang didapatkan maka nantinya akan lebih mudah untuk mendapatkan profit dan balik modal.
Untuk strategi pemasaran konveksi bisa dilakukan dengan membuat website dan melakukan update secara berkala. Kemudian juga bisa membuat akun sosial media untuk melakukan interaksi dengan calon pembeli. Insight yang semakin banyak, maka memungkinkan dijadikan sebagai konsumen potensial.
7. Membangun Kepercayaan & Branding
Pemilik bisnis konveksi Surabaya tentunya harus bisa membangun kepercayaan dari para konsumennya. Contohnya bisa dimulai dengan memberikan pelayanan yang memuaskan kepada setiap calon konsumen atau konsumen lawas. Pelayanan yang baik akan membuat konsumen menjadi betah dan secara alami dapat dijadikan konsumen potensial.
Selanjutnya pastikan bahwa produk-produk yang dihasilkan benar-benar berkualitas. Dengan begitu melakukan branding kepada masyarakat yang membutuhkan konveksi akan jauh lebih mudah nantinya. Kualitas yang baik akan meningkatkan branding pada konveksi itu sendiri.
8. Melakukan Manajemen Keuangan
Selain itu konveksi Surabaya Barat juga harus mampu membuat manajemen keuangan dengan lebih baik. Usahakan untuk memisahkan antara uang bisnis dan milik pribadi. Dengan begitu bisnis ini dapat mempertahankan eksistensinya di dunia persaingan konveksi. Selain itu pastikan untuk mencatat semua transaksi keluar dan masuk untuk menghindarkan dari selisih.
Detail transaksi ini dapat digunakan untuk pembukuan di akhir bulan nantinya. Oleh sebab itulah pastikan untuk membuat catatan transaksi yang rapi dan enak dilihat. Perlu diketahui bahwa keuangan ini sangat penting untuk bisnis besar, apalagi konveksi.
Cari Konveksi Berpengalaman? Amanah Garment Solusinya!
Demikianlah beberapa tips yang dapat dipakai jika ingin membuka bisnis konveksi Surabaya dengan profit tinggi. Dengan beberapa tips ini diharapkan dapat membantu orang-orang yang akan membangun bisnis konveksi. Bagi yang ingin memesan produk konveksi tetapi belum menemukannya.
Maka tidak perlu kebingungan karena Amanah Garment menjadi pilihan paling tepat. Bekerja sama dengan Amanah Garment membuat konsumen bisa mendapatkan banyak keuntungan seperti berikut.
- Harga Terjangkau. Dari segi harga yang ditawarkan oleh Amanah Garment pun terjangkau, sehingga konsumen tidak perlu mengeluarkan anggaran dalam jumlah besar. Selain itu konsumen akan mendapatkan bonus pesanan untuk quantity order tertentu.
- Pelayanan Ramah. Konsumen akan mendapatkan pelayanan terbaik dan akan dibantu jelaskan sebaik mungkin. Dengan begitu konsumen akan merasa nyaman selama melakukan konsultasi.
- Tim Ahli & Profesional. Semua proses produksi pesanan konsumen dikerjakan oleh tim yang sudah ahli dan berpengalaman. Hal ini memungkinkan hasil produksinya benar-benar berkualitas dan sesuai permintaan konsumen.
- Quality Unit Control. Hasil produksi di Amanah Garment akan dicek terlebih dahulu sebelum dikirimkan ke konsumen. Dimana sisa benang jahit akan dibersihkan, disetrika, diberi pewangi, dan dikemas dengan baik.
- Cetak Desain. Amanah Garment memberikan pilihan cetak desain menggunakan sablon dan bordir. Dimana proses cetak desain ini hanya menggunakan bahan terbaik dan dikerjakan oleh orang berpengalaman.
- Bergaransi. Kelebihan lain yang ditawarkan oleh Amanah Garment adalah adanya garansi berupa pengembalian sejumlah uang atau revisi produk. Tentu hal ini akan membuat konsumen jadi lebih nyaman dengan adanya tanggung jawab jika ada produk tidak sesuai keinginan.