Sudah bukan hal sulit untuk menemukan konveksi terdekat saat ini. Lewat sosial media atau mesin pencari nantinya bisa menemukannya. Hadirnya layanan pesan online juga membuat konsumen jadi lebih mudah ketika melakukan pemesanan.
Konveksi sendiri merupakan tempat yang biasa digunakan untuk memesan produk pakaian dalam jumlah banyak. Skala produksi konveksi saat ini sudah besar, sehingga memungkinkan konsumen memesan dalam jumlah besar tanpa pindah lokasi.
Pertimbangkan Hal ini Saat Pesan Produk di Konveksi
Sebelum konsumen melakukan pemesanan produk pakaian. Ada baiknya untuk membuat pertimbangan yang matang terlebih dahulu. Ini dilakukan agar konsumen bisa mendapatkan hasil produksi memuaskan dan sesuai kebutuhan. Berikut ada beberapa hal penting yang bisa dipertimbangkan sebelum melakukan pemesanan.
1. Tujuan pemesanan
Hal pertama yang dapat dilakukan oleh konsumen adalah memastikan dengan baik tujuan pemesanan produk pakaian itu sendiri. Seperti diketahui bahwa produk pakaian tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk kepentingan sendiri seperti dikenakan aktivitas sehari-hari.
Namun pakaian ini juga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan lainnya. Misalnya souvenir acara-acara besar, media souvenir, seragam komunitas, dan lainnya. Dengan mengetahui tujuan awal pemesanan ini tentunya akan membantu mempertimbangkan kedepannya.
2. Model pakaian
Kemudian konsumen juga harus mempertimbangkan model pakaian seperti apa yang akan dipesan nantinya. Pihak konveksi terdekat biasanya bisa memproduksi pakaian dalam berbagai model atau bentuk. Contohnya kaos, kemeja, jaket, almamamter, dan lainnya.
Pemilihan model pakaian ini tentunya juga harus disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan. Misalnya ingin membuat pakaian untuk kepentingan media promosi produk. Konsumen bisa memilih kaos oblong yang lebih simpel untuk promosi.
3. Ukuran
Mengenai ukuran pakaian yang akan dipesan pun juga perlu dipertimbangkan dengan baik. Ini dilakukan supaya ketika dipakai atau orang memakainya tidak merasa kekecilan atau kebesaran. Umumnya pihak konveksi menyediakan ukuran standar seperti S, M, L, dan XL. Lalu ada juga ukuran all size dan jumbo menyesuaikan permintaan konsumen.
Biasanya untuk seragam perusahaan atau komunitas akan menyesuaikan dengan orang yang memakainya. Lain hal untuk media souvenir atau promosi, dimana ukuran yang dipilih kebanyakan all size. Sebab nantinya akan diberikan secara cuma-cuma kepada orang-orang.
4. Desain
Sudah hal biasa jika pakaian yang dipesan oleh konsumen ini diberikan desain untuk menambah nilai estetika. Dalam pembuatan desain ini tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan pemakaian. Apabila itu digunakan untuk promosi, maka harus ada nama produk dan brand.
Pembuatan desain bisa dilakukan sendiri atau meminta tim desain konveksi terdekat untuk membuatkannya. Apabila konsumen memilih meminta dibuatkan, maka harus menyertakan hal-hal penting lebih dulu. Dengan begitu proses pembuatan desain bisa sesuai keinginan dan minim revisi pastinya.
5. Cetak desain
Untuk mencetak desain pada permukaan kain pakaian bisa menggunakan sablon dan bordir. Dua cetak desain ini mempunyai kelebihan dan harga tersendiri. Oleh sebab itulah sangat penting bagi konsumen untuk bisa mempertimbangkan dengan baik.
Biasanya untuk media promosi atau souvenir, lebih banyak menggunakan sablon. Namun jika pakaian tersebut digunakan untuk kepentingan formal, misalnya seragam kerja atau lainnya. Kebanyakan konsumen lebih memilih menggunakan bordir.
6. Bahan kain
Kenyamanan ketika mengenakan pakaian berasal dari pemilihan material pembuatannya. Terdapat beberapa macam material kain yang disediakan konveksi terdekat untuk nantinya dipilih oleh konsumen. Di antaranya ada katun, polyester, lacoste, rayon, linen, dan masih banyak lainnya.
Setiap jenis bahan kain ini mempunyai kelebihan tersendiri, begitu dengan harganya. Oleh sebab itulah sangat penting bagi konsumen untuk bisa mempertimbangkan secara maksimal pemilihan bahan kainnya. Apabila ingin mengenakan pakaian yang nyaman dan awet, maka harus dipilih material kain terbaik.
7. Jumlah pesanan
Hal penting lain yang harus dipertimbangkan dengan baik adalah mengenai jumlah pesanan. Semakin banyak jumlah pesanan, maka harganya akan semakin mahal. Jumlah pesanan pakaian ini akan lebih baik disesuaikan dengan kebutuhan pemakaian saja.
Misalnya ada 50 orang anggota komunitas, maka cukup memesan sesuai jumlah anggota saja. Kecuali jika pakaian tersebut digunakan untuk kepentingan promosi atau souvenir. Nantinya konsumen bisa memesan dalam jumlah banyak, namun tetap harus ada jumlah pastinya.
Tips Memilih Konveksi yang Terpercaya
Selain beberapa hal di atas, konsumen juga harus masih mempertimbangkan pemilihan konveksi yang akan diajak kerja sama. Pemilihan konveksi ini akan berpengaruh pada kualitas hasil produksi nantinya. Apabila merasa sulit menemukannya, maka bisa menggunakan beberapa tips berikut ini.
1. Buat daftar konveksi
Langkan pertama yang bisa dilakukan oleh konsumen adalah membuat daftar konveksi terdekat terlebih dahulu. Setidaknya bisa mencari dua atau tiga konveksi yang akan diajak kerja sama.
Dengan begitu konsumen bisa membuat pertimbangan secara lebih maksimal tentunya. Untuk pencariannya bisa lewat sosial media, mesin pencari, atau meminta rekomendasi kepada orang yangs udah pernah melakukan pemesanan.
2. Cari informasi sedetail mungkin
Setelah membuat daftar konveksi, maka konsumen bisa langsung mencari informasi sebanyak-banyaknya. Semakin banyak informasi yang didapatkan oleh konsumen. Nantinya bisa dimanfaatkan dengan baik untuk mempertimbangkan antara satu konveksi dengan lainnya.
Informasi yang harus dicari oleh konsumen adalah mengenai dimana lokasinya, contact person, portofolio, ulasan, dan masih banyak lainnya. Hal-hal kecil sekalipun bisa sangat berguna untuk membuat pertimbangan mengenai pemilihan ini nantinya.
3. Pertimbangkan pelayanan
Lalu konsumen juga perlu memeprtimbangkan bagaimana pelayanan yang diberikan oleh konveksi nantinya. Konsumen yang melakukan pemesanan pastinya ingin mendapatkan pelayanan terbaik dari pihak konveksi. Oleh sebab itulah sebelumnya konsumen bisa melakukan survey terlebih dahulu.
Misalnya dengan menghubungi contact person customer service konveksi terkait. Tanyakan beberapa hal, lalu perhatikan bagaimana customer service tersebut dalam memberikan pelayanan. Apakah membuat nyaman, penjelasannya detail atau tidak.
4. Perhatikan penawaran biaya produksi
Antara satu konveksi terdekat dengan lainnya memang bisa memberikan penawaran yang berbeda-beda. Untuk itulah akan lebih baik apabila konsumen bisa mencari tahu penawaran biaya produksinya terlebih dahulu. Dengan begitu nantinya konsumen bisa membuat pertimbangan pemilihan secara matang.
Konveksi yang terpercaya dan sudah berpengalaman akan memberikan penawaran harga kompetitif. Dimana harga tersebut masih bisa bersaing dengan tempat produksi pakaian lainnya yang sejenis.
5. Pastikan adanya garansi atau tidak
Terakhir adalah memastikan dengan baik bahwa konveksi yang diajak kerja sama ini bisa memberikan garansi atau tidak. Akan lebih baik jika konsumen bisa memilih konveksi yang mempunyai garansi. Dengan begitu konsumen bisa merasa nyaman dan aman selama melakukan kerja sama.
Adanya garansi juga membuat konveksi tersebut memiliki nilai lebih di mata calon konsumen. Hal ini akan membuat konsumen tidak ragu lagi untuk melakukan kerja sama untuk membuat pakaian di konveksi tersebut.
Itulah beberapa hal penting yang perlu dilakukan ketika ingin bekerja sama dengan konveksi terdekat berpengalaman. Memastikan pemilihan konveksi sudah tepat adalah hal penting agar bisa mendapatkan hasil memuaskan.